Ramai Atribut Milad GAM Tertulis: Bila NKRI Dipimpin Oleh Pembela Ahok Maka Kami Bangsa Aceh Akan Menuntut Pisah Dari NKRI


 

Milad GAM pada Sabtu 4 Desember 2021 diwarnai atribut ancaman. Atribut tersebut tertulis ‘Bila NKRI Dipimpin Oleh Pembela Ahok Maka Kami Bangsa Aceh Akan Menuntut Pisah Dari NKRI’.

Sebelumnya diketahui, dalam pelaksanaan Milad GAM ke-45 ini diiringi dengan bendera Bulan Bintang GAM. Bendera tersebut berkibar sekitar 30 menit. Setelah bendera tepat di ujung tiang, salah seorang warga membacakan amanat yang berbahasa Aceh.

Ketua Panitia Milad GAM M Yasir Umar menjelaskan, pengibaran bendera ini sebagai media memperingati perjanjian antara Warga Aceh dan Pemerintah Pusat.

Menurut Yasir, ada beberapa bagian dari perjanjian tersebut yang belum terealisasi. Bila Pemerintah Pusat tidak punya komitmen, bendera GAM tersebut akan terus berkibar.

“Ini karena ada komitmen. Mungkin, kalau pusat nggak ada komitmen, nggak kami turunkan lagi. Ini harus ada komitmen kayak mana masalah bendera Aceh, harus ada kesepahaman bersama terhadap kewenangan Aceh,” tutur Yasir dilansir dari Detik.com pada Sabtu 4 Desember 2021.

Namun yang cukup menyita perhatian adalah adanya atribut Milad yang berisi ancaman bila NKRI tetap dipimpin oleh pembela Ahok, bangsa Aceh menuntut pisah dari NKRI.

Kapolda Metro Jaya M Iriawan sebelumnya telah menghimbau agar massa aksi untuk tidak membawa atribut yang bisa mengancam kebhinekaan NKRI.

“Karena saya menuntut apa yang disampaikan oleh korlap (koordinator lapangan) bahwa tidak akan ada provokasi,” ujar Iriawan dikutip dari Tribunnews.com Sabtu 4 Desember 2021.

 

Pihaknya telah menyita sejumlah atribut yang dinilai bisa memancing gerakan separatis di wilayah di luar Jakarta.

“Tadi adanya bendera GAM Aceh dengan tulisan Aceh akan memisahkan dengan NKRI. Kita sudah sampaikan dan sudah diambil,” tutupnya.

Sumber Berita / Artikel  Asli : terkini 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama