Indef: Jokowi dan Luhut Paling Banyak Dapat Sentimen Negatif


Gudfe.com - Jakarta, Institute for Development of Economics and Finance (Indef) menggelar riset mengenai sentimen publik di Twitter terhadap jajaran pemerintah dalam penanganan Covid-19. Hasilnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi yang paling banyak diperbincangkan dan mendapat sentimen negatif dari warganet.

“Dengan 22.574 perbincangan dan 88 persen sentimen negatif,” kata peneliti Indef Datalyst Center, Imam Maulana, dalam webinar di Jakarta, Minggu, 26 April 2020. Adapun topik utama perbincangan yaitu seputar Kartu Prakerja dan Stafsus Milenial.

Dalam riset ini, Indef mengumpulkan 476.696 perbincangan yang dihasilkan oleh 397.246 pengguna Twitter. Rentang waktu yang diambil yaitu selama satu bulan, dari 27 Maret 2020 sampai 25 April 2020.

Kedua kebijakan ini sebelumnya menjadi perbincangan publik. Kartu Prakerja misalnya, menuai pro-kontra, salah satunya karena dengan keterlibatan startup Ruangguru. Keberadaan pendirinya Adamas Belva Syah Devara dianggap memicu konflik kepentingan.

Belakangan Belva mengundurkan diri. Lalu, stafsus lain Andi Taufan Garuda Putra juga mengundurkan diri setelah surat permintaannya kepada camat se-Indonesia muncul di publik. Dalam surat itu, Andi meminta dukungan untuk perusahaannya Amartha Mikro Fintek, yang ikut membantu menangani Covid-19.

Selanjutnya, pejabat yang paling banyak dibicarakan kedua adalah Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dengan 6.895 perbincangan dan 81 persen sentimen negatif. Mayoritas perbincangan yaitu seputar pembebasan napi (koruptor).

Setelah Yasonna, ada nama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dengan 2.384 perbincangan dan 76 persen sentimen negatif. Kebanyakan topik perbincangan yaitu seputar birokrasi pengajuan PSBB.

Di posisi keempat terbesar adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dengan 1.167 persen. Meski di posisi keempat, Luhut yang kini juga menjabat sebagai Plt Menteri Perhubungan ini mendapat sentimen negatif tertinggi kedua setelah Jokowi, dengan 86 persen. Adapun topik yang paling banyak diperbincangkan dari Luhut yaitu mengenai izin ojek online Kemenhub dan tetap beroperasinya bus antarkota.

Di posisi kelima ada Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Berbeda dengan empat pejabat sebelumnya, Teten justru mendapat 97 persen sentimen positif, meski hanya dengan 463 perbincangan. Mayoritas perbincangan yaitu seputar dana Kartu Prakerja yang lebih baik untuk kebutuhan rakyat.[tempo]

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama